Kamis, 28 April 2016

TUGAS 2 Pendidikan Gizi

1.      Untuk merubah perilaku gizi, sesorang harus terlebih dahulu termotivasi untuk melakukan perubahan. Menurut saudara apa yang dimaksud dengan ‘termotivasi’ ?

Orang yang termotivasi merupakan seseoang yang memiliki kepercayaan yang kuat dan stabil juga melihat suatu perilaku yang dia lakukan untuk mencapai tujuannya dari sisi manfaat positifnya bukan dari yang negatifnya sehingga untuk mencapai tujuannya perubahan perilaku yang harus dilakukan akan terasa ringan. Diharapkan mendapatkan keuntungan untuk diri sendiri sebagai hasil akhir dari perilaku. Kejadian masa mendatang tidak bisa dijadikan determinan atau perilaku disaat sekarang. Meskipun representasi mereka dipikiran kita saat sekarang bisa menjadi efek yang kuat terhadap aksi yang dilakukan sekarang. Atas hal itu kita ingin memaksimalkan hasil yang positif seperti kesehatan, rasa, tidak membuang-buang makanan dan meminimalisir hasil negative dari perilaku gizi atau makanan seperti harga atau ketidaknyamanan.

2.      Berilah contoh ‘seseorang telah termotivasi untuk merubah perilaku’. (jawaban harus rinci).

Orang-orang yang akan menaikan Berat Badan sebagai tujuannya, mereka harus merubah perilakunya dengan cara merubah pola makan dan kebiasaan makannya meskipun mereka tau hal itu sangat sulit dilakukan dan makanan yang dikonsumsi akan berharga lebih mahal dan lebih sering, misalnya kebiasaan tidak sarapan harus diubah dengan membiasakan sarapan tiap harinya dan kebiasaan pola makan yang tidak teratur atau sembarangan harus diubah dengan pola makan yang teratur dan lebih sering meskipun dalam porsi kecil. Namun hal itu dapat dilihat dari sisi positifnya karena dengan cara mengubah pola makan akan menghasilkan penaikan berat badan sama seperti tujuan diawal. Orang-orang yang sudah termotivasi akan melihat semua kesulitan yang ditemui sebagai perjalanan yang harus dijalanin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar